Uncategorized

BUNDA CEKATAN 2021 JURNAL MINGGU KETIGA

JURNAL TELUR-TELUR MINGGU KETIGA

(TELUR ORANGE)

Debby F. Ayu
Regu 4 Mariposa
Regional Depok

Pada telur hijau kita diminta menentukan aktivitas apa yang kita sukai dan kuasai sehingga itu menjadi potensi kekuatan kita. Lalu berlanjut ke telur merah dimana untuk bisa mengoptimalkan potensi kekuatan kita, kita diminta untuk menentukan keterampilan yang penting dan mendesak untuk dikuasai dalam kurun waktu 6 bulan mendatang. Tahap berikutnya yaitu telur orange kita diminta untuk menemukan cara belajar kita. Dimulai dari menentukan apa alasan terkuat sehingga kita harus menguasai keterampilan yang disebutkan di telur merah, menentukan sumber ilmu yang bisa kita pelajari untuk menata puzzle ilmu yang kita perlukan, mencari ilmu apa saja yang kita perlukan untuk mencapai tujuan tersebut dan yang terakhir menemukan cara belajar sehingga mempercepat proses belajar kita.

Sekilas tentang telur merah saya, keterampilan penting dan mendesak yang harus saya kuasai adalah manajemen waktu, manajemen emosi, komunikasi efektif dan copywriting. Alasan terkuat harus menguasai keterampilan tersebut adalah karena setelah saya tuliskan ternyata saya memiliki banyak peran diantara sebagai istri, ibu, anak, pengusaha bisnis online, leader di Sejuta Cinta IP, fasilitator online preschool, aktivis dakwah, dan beberapa peran-peran lainnya. Allah menganugerahkan waktu 24 jam dalam sehari yang harus saya kelola dengan optimal sehingga semua tanggung jawab bisa diselesaikan tepat waktu atau setidaknya tidak menumpuk disatu waktu dan pada akhirnya malah menimbulkan stress atau merugikan orang lain. Dengan peran yang cukup banyak dan waktu yang terbatas serta mau tidak mau harus berhubungan dengan banyak pihak, maka saya membutuhkan manajemen emosi dan komunikasi efektif sehingga apa yang saya sampaikan dapat dipahami dengan baik oleh lawan bicara/partner saya, tidak perlu ada pengulangan maupun pengerjaan ulang yang biasanya disebabkan terbawa emosi atau maksud yang salah dipahami oleh lawan bicara/partner tersebut. Copywriting dibutuhkan agar semua ide dan pikiran dapat ditulis dengan cepat dan tepat yang membantu saya dalam penyampaian pesan ke orang lain dan menarik calon pelanggan untuk membeli produk jualan saya.

Sumber ilmu yang akan dipelajari adalah buku kisah inspiratif dari orang-orang yang sudah sukses menguasai keterampilan yang saya butuhkan, kajian-kajian yang topiknya terkait dengan keterampilan tersebut atau mendatangkan narasumber yang kompeten dibidang tersebut, dan yang paling penting adalah ilmu yang bersumber dari Al Quran dan tuntunan Hadist sehingga insyaAllah proses menuntut ilmu saya akan selalu dimudahkan dan diberkahi Allah.

Ilmu yang yang saya perlukan lebih spesifiknya lagi adalah berbagai ilmu yang dapat membantu saya untuk mengatur waktu dengan baik sehingga semua pekerjaan dapat selesai dengan baik. Ilmu tersebut mencakup pengorganisasian, membuat prioritas, menetapkan tujuan,perencanaan, komunikasi, delegasi atau pembagian tugas dan mengendalikan stress.

Berdasarkan pengalaman dan evaluasi kegiatan belajar saya selama ini, alhamdulillah saya sudah menemukan cara belajar yang tepat dan pas sekali. Saya harus bergabung dalam sebuah komunitas belajar yang memiliki visi,misi, dan arahan pembelajaran yang jelas serta adanya peraturan yang konsisten dan sistem penilaian di akhir untuk mengetahui pencapaian pemahaman dalam ilmu yang dipelajari tersebut. Selain itu sistem belajarnya harus audio visual yang memudahkan saya untuk menyimak dan mencatat dengan menulis tangan dan ada tahapan prakteknya (learning by doing). Dengan cara belajar yang seperti itu, saya berharap keterampilan yang saya butuhkan bisa cukup dikuasai dalam jangka waktu 6 bulan ke depan selama mengikuti kelas Bunda Cekatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.