Uncategorized

JURNAL PEKAN 4 TAHAP ULAT KELAS BUNDA CEKATAN INSTITUT IBU PROFESIONAL

Debby F. Ayu
Regu 4 Mariposa
Regional Depok

Pekan ini saya masih duduk manis di Keluarga Manajemen Waktu Domestik, tidak mengunjungi keluarga lain. Saya ingin fokus menyimak ilmu-ilmu luar biasa yang hampir setiap hari dibagikan oleh anggota keluarga Manajemen Waktu Domestik. Namun saya sempat menyimak satu video Go Live dari Keluarga lain karena saya anggap penting dan beririsan dengan mindmap saya, yaitu mengenai jurnal berbenah.
Pekan ini ada tiga tambahan ilmu yang saya dapatkan:

  1. Membuat Bullet Journal (materi Go Live dari Mba Ismi Fauziah)
    Inti dari bullet jurnal adalah menguraikan isi pikiran kepala kita menjadi lebih runut dan ada timeline’nya. Esensi bullet jurnal adalah mengklasifikasikan future log dan menguraikannya menjadi target tahunan,bulanan, pekanan dan harian. Setiap aktivitas atau target yang sudah selesai, kita beri tanda.begitu pula jika ternyata ada target yang batal dilakukan, harus diberi tanda juga.
  2. Membuat jurnal syukur (materi disampaikan oleh Mba Fitria Kurniasih)
    Ada beberapa alasan mengapa rasa syukur harus dituliskan, diantaranya:
    🌱Karena dengan menulis kita mengikat ilmu, tidak mudah lupa, koordinasi mata-otot dan otak menjadi lebih baik, sarana menyalurkan kreativitas, dan lain-lain.
    🌱Dalam Al-Qur’an, kata “tulis”, “menulis” dan “tulisan” diulang hingga 17 kali, menunjukkan betapa pentingnya kita untuk menulis.
    Waktu yang dibutuhkan untuk menulis jurnal syukur cukup 10-15 menit setiap hari, alokasikan waktu untuk menulis sesudah Subuh dan sesudah Maghrib.
  3. Membuat Jurnal Berbenah (materi Go Live oleh Mba Yuli Evianti)
    Poin-poin yang dituliskan dalam Jurnal Berbenah:
  • Menuliskan tentang impian kalau rumah sudah bersih sehingga punya bonus waktu untuk melakukan hal-hal lain.
  • Menuliskan kondisi rumah sekarang dan nanti setelah berbenah
  • membuat jadwal alokasi waktu berbenah misalnya tiga hari untuk berbenah isi kamar, dua hari berbenah dapur dan seterusnya.

Dari tiga ilmu tersebut benang merahnya adalah harus adanya Strong Why atau motivasi utama kenapa kita butuh mempraktekan ketiga ilmu tersebut dan butuh keistiqomahan dalam menjalankannya. Motivasi kuat saya adalah ingin bisa mengelola waktu dengan baik sehingga setiap waktu yang ada digunakan dengan efektif dan optimal. Semoga saya bisa mulai mempraktekan ketiga ilmu tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.