Uncategorized

Jurnal Pekan 3 Tahap Ulat Kelas Bunda Cekatan Institut Ibu Profesional

Keluarga Manajemen Waktu Domestik

Debby F. Ayu
Regu 4 Mariposa
Regional Depok

Di pekan ini kami dikumpulkan dengan murid-murid kelas Bunda Cekatan dari seluruh regional yang memiliki mindmap belajar yang sama. Awalnya ada satu keluarga besar yaitu Manajemen Waktu. Namun karena kebutuhan manajemen waktu tiap orang berbeda-beda, maka dibagi tiga kelompok keluarga lagi yaitu Manajemen waktu Ranah publik-domestik, manajemen waktu domestik dan manajemen waktu gadget time.

Saya memilih masuk ke manajemen waktu domestik karena memang waktu saya sering habis untuk ranah domestik meskipun saya juga memiliki peran sebagai penjual toko online dan pengurus di beberapa komunitas. Karena urusan domestik menjadi prioritas utama saya (tercakup di dalamnya melayani suami dan mengurus anak-anak), saya perlu menata waktu saya dengan baik di urusan domestik ini.

Saya sangat senang sekali berkumpul dengan teman-teman yang memiliki kebutuhan belajar yang sama dan justru teman-teman saya ini memiliki ilmu atau pengalaman yang bermanfaat untuk dibagi. Awalnya kami saling berbagi mindmap dan ilmu apa yang pernah kami pelajari. Lalu kami mengusulkan nama beberapa teman untuk sharing ilmu yang menurut kami menarik dan patut untuk diketahui dan dipraktekan. Dalam pekan ini ada dua ilmu manajemen waktu yang didapat dari Keluarga Manajemen Waktu Domestik ini, yaitu metode heatmap dan teknik Podomoro.

1. Metode heatmap adalah metode pengaturan tingkat energi tubuh.
Dengan memahami kondisi tubuh, diharapkan akan lebih bisa mengoptimalkan produktivitas kita.
Metode heatmap ini sangat individual, karena setiap orang memiliki level energinya masing2.
Dalam konsep heatmap, ada beberapa level energi yg disimbolkan dgn warna :
โค๏ธ MERAH
Adalah level produktivitas tertinggi.
Biasanya lahir ide2 cemerlang di waktu ini.

๐Ÿงก ORENS
Tingkat kapasitas produktif menurun dari merah.
Di saat ini biasanya kita bisa melakukan banyak pekerjaan, namun tidak dalam kualitas yg “sangat optimal”

๐Ÿ’› KUNING
Di saat ini, beberapa pekerjaan produktif dapat terselesaikan.
Biasanya hanya berupa rutinitas.

๐Ÿ’š HIJAU
Di saat ini kreativitas, motivasi, atau fokus sudah cukup banyak hilang.
Pekerjaan yg ‘santai’ lebih mendominasi.

๐Ÿค ABU-ABU
Pekerjaan terbaik adalah = ber istirahat

2. Teknik Podomoro
Teknik ini ditemukan oleh Francesco Cirillo pada akhir tahun 1980. Pomodoro sendiri artinya tomat dalam Bahasa Itali. Jadi saat mengembangkan teknik ini, Fransesco menggunakan timer dapurnya, yang kebetulan berbentuk tomat merah ๐Ÿ….
Teknik Pomodoro merupakan sistem manajemen waktu yang menggugah orang untuk bekerja secara fokus dalam rentang waktu waktu tertentu. Caranya:
๐Ÿ… Siapkan tugas yg ingin dikerjakan, dahulukan tugas prioritas.
๐Ÿ… Kerjakan fokus selama 25 menit per kegiatan.
๐Ÿ… Kemudian 5 menit istirahat total.
๐Ÿ… Setelah mengerjakan tugas selama 100 menit (4x @ 25 menit yang terpisah-pisah), maka kita dapat extra waktu istirahat sekitar 15 sampai 20 menit.

Setelah mendapatkan kedua ilmu tersebut, seluruh anggota keluarga Manajemen Waktu Domestik sepakat untuk mempraktekannya masing-masing dan membagi pengalamannya pekan depan. Alhamdulillah bisa fokus dalam menimba ilmu yang sesuai dengan kebutuhan kita benar-benar menyenangkan.

#institutibuprofesional
#hutankupucekatan
#tahapulat
#pertemuankeluargamanajemenwaktudomestik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.