Uncategorized

Alkindi Online Preschool: Tema 3: Tanaman, Subtema 1: Bagian Tanaman

Alkindi Online Preschool

Tema 3: Tanaman, Subtema 1: Bagian Tanaman

Sejak 3 bulan yang lalu, kami para reseller Alkindi kids (produk edukasi anak muslim) diberi kesempatan untuk mencoba pertama kali mempraktekkan kurikulum anak pra sekolah yang dibuat oleh ownernya yaitu Mba Melinda Nurimannisa. MasyaAllah saya kagum sekali dengan beliau ditengah aktivitas studi S2nya di Belanda, beliau masih sempat membuat kurikulum lengkap untuk anak pra sekolah.

Kurikulum tersebut adalah kegiatan belajar sambil bermain bersama ibu di rumah yang ditujukan untuk anak usia 2,5 -6 tahun, yang mencakup 5 aspek yaitu iman, akhlak, bahasa, motorik dan kognitif. Program belajarnya dirancang mingguan dengan agenda berbeda setiap harinya. Senin adalah kelas bahasa, Selasa adalah kelas Sains dan Logika, Rabu adalah kelas seni, Kamis adalah kelas peran, dan Jumat adalah kelas motorik. Ada tahapan dalam belajar yang menjadi ciri khas Alkindi yaitu selalu memulai dengan basmallah dan membaca doa menuntut ilmu beserta artinya, serta dibuka dengan memberikan pijakan ayat Al Quran dan Hadist yang terkait kegiatan hari itu, dan ditutup dengan recalling dan doa penutup belajar.

Metode ini sebenarnya hampir mirip dengan tahapan belajar dalam metode sentra yang pernah saya pelajari sebelumnya di Laboraterium Sekolah Batutis al Ilmi 2016 silam, dan juga selaras dengan nilai-nilai Kuttab Al Fatih tempat anak ssya bersekolah yaitu iman sebelum adab, adab sebelum ilmu, ilmu sebelum amal. Selain itu, kurikulum ini bisa dipraktekan untuk lebih dari satu anak dengan range umur berbeda, sehingga peran pendampingan tandem belajar anak sangat mungkin dilakukan dengan optimal.

Oleh karenanya, alhamdulillah biiznillah saya mempraktekan kurikulum alkindi online preschool untuk ketiga anak saya yakni Alif 7tahun, Adiva 4,5tahun dan Aysha 16bulan. Saya biasanya memodifikasi urutannya karena harus mendampingi Alif dalam materi sekolahnya yang online selama masa pandemi ini. Saya biasa memulainya pukul 8 pagi diawali dengan membaca doa belajar, lalu pembagian tugas. Kakak Alif memulai materi sekolahnya, sedangkan kedua adiknya membuat jurnal pagi. Jam 9 pagi biasanya materi sekolah dan tugas sekolah Alif selesai dikerjakan, lalu akan saya lanjutkan dengan memulai materi Alkindi yaitu pijakan awal yaitu tadabbur Al Quran dan hadist hari itu, dilanjutkan dengan kegiatannya dan terakhir membereskan ruang belajar, recalling dan doa penutup belajar. Durasinya biasanya sampai jam 10 sampai 10.30 siang. Setelahnya saya bisa melanjutkan mengerjakan tugas domestik dan bisnis online saya.

Kendala yang biasanya terjadi adalah jika saya tidak sempat menyiapkan bahan dan peralatan sehari sebelumnya sehingga biasanya menjadi agak rusuh saat kegiatan sudah dimulai, atau jika Aysha sedang tidak mood karena bosan atau mengantuk.hal ini akan mempengaruhi konsentrasi saya dalam mendampingi kakak-kakaknya.

Pada akhirnya yang terpenting adalah mendokumentasikan seluruh kegiatan belajar anak kita agar kita bisa mengevaluasi dan menganalisa gaya belajar dan pemahaman ilmu dasar apa yang masih kurang dikuasai oleh anak-anak kita. Rencananya saya akan mulai mendokumentasikannya juga di Buku Portofolio Anak sehingga kelak diusia mereka ke 15 tahun, buku ini bisa menjadi kenangan terindah dan bisa menjadi portofolio mereka untuk mendaftar ke perguruan tinggi Aamiin 🙂

#alkindikids #alkindionlinepreschool #mainanbukuanak #belajarberhikmah #belajarbersamaibu #belajarbersamaorangtua #fitrahbasededucation #bukuportofolioanak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.