Uncategorized

BUNDA CEKATAN 2021 JURNAL MINGGU PERTAMA

JURNAL TELUR-TELUR MINGGU PERTAMA KELAS BUNDA CEKATAN 2021

oleh: Debby Faras Ayu
Regu: 4 Mariposa

Jurnal telur-telur pekan pertama dalam kelas Bunda Cekatan adalah menuliskan kekuatan kita. Awalnya kami diminta mengisi kuadran aktivitas dalam peran kami sebagai ibu,istri dan perempuan. Setelah menuangkan dalam diagram daun kuadran aktivitas tersebut, kami diminta memilih 5 aktivitas suka dan bisa yang akan menjadi pijakan kekuatan dalam mencapai bunda cekatan.

Sebelum menjelaskan apa yang saya tuangkan dalam kuadran aktivitas, saya ingin membagi sedikit ilmu mengenai kekuatan atau potensi diri. Personality adalah cerminan siapa kita sesungguhnya, yang membuat kita unik, memiliki ciri-ciri otentik berupa kelebihan dan kekurangan. Personality yang produktif inilah yang selanjutnya disebut dengan BAKAT. Bakat dalam arti luas merupakan potensi diri. Bakat adalah pola pikiran, perasaan, dan perilaku yang berulang-ulang, alami dan dapat dimanfaatkan untuk produktivitas Setiap orang memiliki 7 (tujuh) bakat dominan yang menjadi potensi kekuatan diri. Kekuatan adalah kegiatan yang disukai (Enjoy), mudah dikuasai (Easy), hasilnya bagus (Excellent) dan bermanfaat (Earn) atau dikenal juga dengan 4E-ACTIVITIES.

Personality adalah cerminan siapa kita sesungguhnya, yang membuat kita unik, memiliki ciri-ciri otentik berupa kelebihan dan kekurangan.

Sesungguhnya setiap individu memiliki lebih dari satu kekuatan. Memahami bakat diri merupakan langkah awal dari menemukan potensi kekuatan diri.  Pada dasarnya semua orang berharap melakukan sesuatu yang disukainya, walaupun pada kenyataanya hanya sedikit orang yang dapat melakukan hal tersebut. Kuadran Aktivitas memberikan gambaran preferensi (atau kesukaan) dan produktif (bisa) dari aktivitas seseorang. Sehingga dengan melakukan penilaian diri yang dituangkan dalam kuadran aktivitas, diharapkan dapat menemukan dan menganalisa aktivitas-aktivitas apa yang menjadi kekuatan kita, dan aktivitas-aktivitas apa yang kita lemah didalamnya sehingga kita bisa mulai untuk mengeliminasi mengerjakan aktivitas-aktivitas tersebut.

Hasil self assement saya dalam mengisi Kuadran Aktivitas terlampir dalam gambar sebagai berikut:

Dari hasil pengisian kuadran aktivitas tersebut, diambil 5 aktivitas dalam ranah bisa dan suka yang selanjutnya akan menjadi pijakan kekuatan saya menjadi bunda cekatan. Kelima aktivitas Suka dan Bisa saya adalah:

  1. Controlling

    Mengatur orang dan pekerjaan. Hal yang menyenangkan yang biasanya saya lakukan ketika memimpin suatu kepanitiaan atau kepengurusan

  2. Filing & Housekeeping

    Merapihkan, menata dan menyimpan barang dengan benar dan rapi. Rutinitas sehari-hari baik untuk barang pribadi, keluarga di rumah maupun stok dagangan.

  3. Serving

    Membantu orang lain. Saya sangat suka melakukan aktivitas yang bersifat sosial, oleh karena itu dari awal kepengurusan Ibu Profesional saya bergabung dengan Komponen Sejuta Cinta

  4. Selling, Collecting, & Cashiering

    Hal ini adalah kegiatan saya sehari-hari dalam berjualan online buku dan mainan anak. Sangat menyenangkan ketika bisa beriklan, membuat copywriting, mengedukasi calon pembeli tentang produk, melakukan rekapan invoice dan mengumpulkan uangnya

  5. Coordinating

    Mengatur pembagian tugas,urutan dan timeline. Saya terbiasa mengurutkan segala sesuatu dan menentukan deadlinenya.dengan demikian saya bisa memastikan semua pekerjaan akan rampung satu demi satu sesuai dengan target yang ditetapkan. Saya juga senang menganalisis orang-orang yang cocok dan mempunyai kapasitas untuk menempati tugas-tugas tertentu.hal ini juga saya terapkan dirumah dimana setiap anggota keluarga punya jadwal rutin sehari semalam yang harus dipatuhi dan pembagian tugas/amanah masing-masing.

Semoga dengan mengetahui 5 aktivitas Suka dan Bisa, ke depannya saya bisa lebih mengali potensi saya tersebut agar optimal dan lebih produktif dan tentunya tujuan menjadi bunda cekatan bisa tercapai

Depok, 17 Januari 2021

Debby Faras Ayu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.